Top Influential People in Computer Science

TUGAS PTI TANGGAL 9 DESEMBER 2015

DOSEN : YUDI PRAYUDI S,Si. M.Kom.

TOKOH 1. STEVE JOBS

Tahun 1976, Steve Jobs bersama temannya Steve Wozniak dan Ronald Wayne dengan pendanaan dari pihak manajer pemasaran produk dan teknisi Intel A.C. bernama Markkula Jr. mendirikan Apple.Tahun 1978, perusahaan Apple merekrut Mike Scott dari National Semiconductor untuk menjabat sebagai CEO yang berujung pada tahun-tahun suram. Pada tahun 1983, Steve Jobs berhasil memancing John Sculley untuk keluar dari Pepsi-Cola dan menjabat sebagai CEO Apple. Meski Jobs digambarkan sebagai direktur Apple yang persuasif dan karismatik, sejumlah karyawan-karyawannya pada waktu itu menggambarkan beliau sebagai manajer yang dapat selalu berubah pikiran dan temperamental.

Penurunan penjualan di seluruh industri menjelang akhir 1984 mengakibatkan kerenggangan hubungan kerja Jobs dengan Sculley. Pada akhir Mei 1985 setelah ketegangan internal dan pengumuman PHK besar-besaran. Sculley mengakhiri jabatan Jobs sebagai kepala divisi Macintosh. Setelah keluar dari Perusahaan Apple, Steve kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan bisnis.

Dengan seiring berjalannya perusahaan NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualan setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual di pasaran dengan mengutamakan penampilannya . Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merk yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi pihak Apple.

Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan adanya pengenalan iPod alat musik portabel, perangkat  lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online. Sambil membantu memberikan inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, “artis tulen membuahkan hasil,” (real artists ship) yang maksudnya adalah, menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu atau ontime sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.

Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji AS$1/tahun. Karenanya beliau tercatat di buku Guinness World Records sebagai “pemimpin perusahaan dengan gaji terendah” (Lowest Paid Chief Executive Officer). Setelah Apple mulai meraih laba penjualan kembali, perusahaan tersebut melepaskan gelarnya sebagai pemimpin sementara. Saat ini penghasilannya di Apple mencapai AS$219 juta..

Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang kesialan. Sifat keras kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk maju dan berkembang menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi. Kerelaannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Macintosh mengakibatkan Apple harus menelan dan menerima kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada. Perusahaan perangkat keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.

Steve Jobs dikenal luas sebagai seorang visioner, perintis dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk, serta orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern, merevolusi sebanyak 6 industri yang berbeda, dan contoh bagi semua kepala eksekutif. Kematiannya ditanggapi secara luas dan dianggap sebagai kehilangan besar bagi dunia oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

 
PENGHARGAAN

1.National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan (1984)

2.Jefferson Award for Public Service dalam kategori “Pelayanan Publik Terbaik oleh Individu Berusia 35 Tahun atau Lebih Muda” (1987).

3.Gelar tokoh bisnis terkuat, Fortune Magazine (27 November 2007).

4.California Hall of Fame di The California Museum for History, Women and the Arts dari Gubernur California Arnold Schwarzenegger (5 Desember 2007).

5.Pengusaha paling dikagumi di antara para remaja berdasarkan survei oleh Junior Achievement (Agustus 2009).

6.Gelar “CEO Dasawarsa Ini”, Fortune Magazine (5 November 2009).

7.Peringkat ke-57dalamThe World’s Most Powerful People, Forbes (November 2009). 

TOKOH 2. BILL GATES

William Henry Bill Gates III atau lebih di kenal Bill Gates adalah seorang pebisnis, investor, filantropis, penulis yang berasal dari Amerika Serikat, serta pernah menjadi CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua sebuah perusahaan, yaitu Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang dia dirikan bersama rekannya, Paul Allen. Dia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 sampai 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Selama kariernya di Microsoft, Bill Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan masih menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8% saham umum perusahaan. Selain itu Ia juga rajin menulis beberapa buku yang sangat inspiratif pula.

Perkenalan dengan komputer

 

        Gates tertarik dengan dunia komputer sejak saat ia masih berusia belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi saat ia berusia 13 tahun. Saat itu, Mothers Club disekolah Gates, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa-siswanya.Melihat komputer tersebut, Gates tertarik dan mulai mempelajari komputer. Ia tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna dan menulis bahasa program komputer pertamanya di sini menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Ketika ia mengenang kembali masa-masa itu, ia mengatakan, “Ada sesuatu yang pas dengan mesin tersebut.”

Dari sana, ia mempelajari sistem lain, termasuk sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC).Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi oleh waktu. Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengeksploitasi sebuah bug pada sistem operasi komputer untuk memperoleh tambahan waktu penggunaan komputer.Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas.

Gates mempelajari bahasa pemrograman

Menjelang akhir masa hukuman, keempatnya malah ditawarkan untuk menemukan bug lain di perangkat lunak CCC dengan imbalan waktu tambahan untuk penggunaan komputer. Di kantor CCC inilah Gates mempelajari kode sumber berbagai program, termasuk program yang ditulis dalam bahasa FORTRAN dan LISP. Ia dan kawannya bekerja di sana hingga tahun 1970 ketika CCC ditutup karena terjadi kebangkrutan.

Tahun berikutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside tersebut untuk menulis bahasa program dengan pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dan memberikan royalti untuk penjualan program tersebut sebagai tambahan hak akses ke komputer perusahaan. Gates juga mendapat pekerjaan tambahan saat pihak sekolah memintanya untuk membuat program pengatur jadwal kelas siswa. Gates memanfaatkan ini dengan mengubah sebagian program agar ia ditempatkan di kelas yang didominasi oleh perempuan. Pada usia 17 tahun, Gates dan Allen temannya mendirikan Traf-O-Data yang fokus pada sistem penghitung lalu lintas yang berbasis prosesor Intel 8008.

Gates lulus dari Lakeside School di tahun 1973. Setelah itu ia mengambil tes SAT dan memperoleh skor yang sangat tinggi, yaitu 1590 dari 1600. Dengan nilai itu, ia dapat diterima di Harvard College di mana ia bertemu dengan Steve Ballmer yang kelak akan menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft. Pada tahun keduanya di Harvard College, Gates merancang sebuah algoritma untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum sempat terpecahkan dalam kelas kombinatorika oleh Harry Lewis, salah seorang profesornya. Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama 30 tahun; penggantinya justru lebih cepat satu persen saja. Solusinya kemudian diresmikan dalam bentuk cetakan bekerjasama dengan ilmuwan komputer Harvard, Christos Papadimitriou.

Gates tidak punya rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan ia bergabung dengannya di Honeywell pada musim panas 1974.Pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, dan Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Ia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang sangat mendukungnya setelah mereka melihat antusiasme Gates untuk mendirikan perusahaan.

Pada detik-detik akhir karirnya, Bill Gates melakukan beberapa usaha/bisnis filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana miliknya ke berbagai organisasi amal atau sosial dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan atas namanya pada tahun tahun 2000. Inilah contoh sebagai inspirasi bisnis yang layak untuk ditiru, ketika telah di atas jangan sampai lupa untuk bersyukur dengan cara berbagi bersama, ketika rasa syukur terealisasi maka di pastikan akan terus bertambah rezeki.

Beberapa Penghargaan Bill Gates

Tidak heran, dengan berbagai kegiatan dan usaha yang di lakukannya menjadikan sosok Bill Gates mendapat beberapa penghargaan, yaitu :

  1. Ketika tahun 1987, Bill Gates secara resmi dinyatakan sebagai seorang miliarder dalam halaman 400 Richest People in America pada majalah terkenal Forbes, beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-32. Sebagai miliarder usaha sendiri termuda di dunia, kekayaannya mencapai $1,25 miliar, $900 juta lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Wow, amazing…
  2. Sejak tahun 1993-2007 Bill Gates dan bahkan sampai saat ini selalu dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia ini dgn total seluruh kekayaannya pernah mencapai $ 101 Miliar dolar namun tahun 2000 menurun harga sahamnya karena adanya kasus dot com. Ketika tahun 2010 Bill Gates sempat dikalahkan oleh seorang Taipan Meksiko yaitu Carlos Slim Helu namun pada tahun berikutnya dan sampai sekarang ia kembali lagi menempati posisi urutan yang pertama.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s